MENGGANTI HEADER DI BLOGSPOT

Pada postingan ini saya akan membeberkan situs Free Image Header yang Ok sebagai alternative pilihan kamu, namun rupanya banyak juga yang belum tahu cara Mengganti Header Pada Blogspot. Bagi yang sudah mahir boleh melewati postingan ini, namun bagi yang masih ingin tahu triknya silahkan lanjut. Header pada sebuah situs atau blog merupakan identitas yang unik, mungkin template boleh sama tapi tidak dengan header. Usahakan header dibuat beda dan menarik dari yang lain, karena orang yang berkunjung ke blog anda pertamakali pasti akan melototin bagian atas ini. Ada sedikit tips untuk mengganti identitas blog kamu ini, mau tau?


Kenapa mengganti header ini dibilang perlu? Karena kita menggunakan free template yang gratisan kemungkinan ada orang lain juga yang sama menggunakan template tersebut, lalu kalo semua sama gimana cara orang dengan mudah mengingat blog kita? Cossa Aranda saja pernah memposting "Katakan Dengan Header". Gak perlu terlalu bagus, yang penting simple, unik, dan berkelas. Bagi kamu yang tidak mahir dalam urusan desain, gak perlu khawatir kita bisa mendowload image header dari situs-situs gratisan. Kita hanya perlu mengedit dengan menambahkan tulisan title blog kamu dan deskripsi blog kamu.


Oke sebelum kamu menggantinya download dulu header kamu disitu atau disini, jangan khawatir ini gratis. Setelah selesai kamu pilih, sekarang kamu harus menyesuaikan dengan ukuran pada header di blog kamu. Cara mengetauinya cukup mudah, kamu tinggal masuk ke menu pengaturan pada blogger Layout > Edit HTML. Lalu cari kode #header-wrapper, biar gampang pencet saja F3 dan isi kode tersebut pada kotak find. Contoh ukuran header pada blog indotrans ini:


#header-wrapper{ width:973px; height:150px; margin:0px; padding:0px; text-align:left; background:#ffffff; border-bottom:1px solid #c0c0c0; border-top:1px solid #c0c0c0;}


Pada width:973px artinya ini adalah ukuran lebar header blog kamu yaitu 973 pixel, dan height:150px artinya tinggi header kamu yaitu 150 pixel. Maka kamu harus mengubah unkuran header yang kamu download tadi menjadi ukuran tersebut, caranya tinggal resize image dengan bantuan software seperti corel, photoshop, fireworks dsb.


Jika sudah meresize sekarang tinggal menambahkan judul blog kamu, jika kamu ingin menggunakan huruf-huruf yang lebih extrem, tinggal download saja disni. Jika sudah selesai jangan lupa simpan file header kamu, sebaiknya menggunakan format .jpg karena hasil dari file ini kualitas cukup lumayan dan tidak terlalu besar ukuran filenya, ini untuk menghidari loading page kamu yang berat.


Untuk mengupload gambar kamu tadi masuk ke halaman layout, untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini:



Klik edit pada bagian elemen header kamu, yang ada judul blog kamu. Pilih menu image button browse from your komputer dan langsung saja browse file header kamu. Untuk pilihan from the web digunakan apabila kamu menyimpannya pada file hosting seperti photobucket, google picassa, dsb. kamu tinggal memasukkan alamat url tempat menyimpan image kamu. Perhatikan gambar berikut:


Pada placement ada pilih button Instead of title and description, jadi image kamu nanti akan menutupi Title dan Description Blog Kamu, sedangkan Behind title and description Title dan Description Blog Kamu akan tetap nampak, dan jangan lupa centang cek box Shrink to fit, ini akan menyusutkan gambar kamu sesuai dengan ukuran header.



Terakhir, klik Save dan lihat hasil pekerjaan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JAMBU MERAH

Memilih perkutut yang bagus .